Imam Ibnul Qoyyim berkata, "Kalau tidak karena cobaan & musibah dunia, niscaya manusia terkena penyakit kesombongan, 'ujub (bangga diri) & kekerasan hati"

Senin, 08 Oktober 2012

EMPAT MADZHAB FIQH (Riwayat Singkat Imam-Imam Madzhab)

Secara bahasa, kata madzhab ( مذهب ) merupakan kata bentukan dari kata dasar dzahaba (ذَهَبَ) yang artinya pergi. Madzhab adalah bentuk isim makan dan juga bisa menjadi isim zaman dari kata tersebut, sehingga bermakna, "Jalan atau tempat untuk pergi, atau waktu untuk pergi". Ahmad Ash-Shawi Al-Maliki menyebutkan bahwa makna etimologis dari madzhab adalah, "Tempatnya untuk pergi, seperti jalanan secara fisik".  Adapun makna madzhab secara istilah yang digunakan dalam ilmu fiqh, didefinisikan sebagai, "Pendapat yang diambil oleh seorang imam dari para imam dalam masalah yang terkait dengan hukum-hukum ijtihadiyah". Pendapat yang diambil oleh seorang imam ini kemudian diikuti oleh muridnya dari generasi ke generasi, inilah yang kemudian dikenal sebagai madzhab fiqh.


Riwayat Singkat Imam Abu Hanifah (80-150H)
Iman Abu Hanifah bernama asli Abu Hanifah Nu'man bin Tsabit Al-Kufi, lahir di Kufah, Iraq pada tahun 80H. Beliau hidup pada dua masa kekhalifahan yaitu Bani Umayyah Abdul Malik bin Marwan dan Bani Abbasiah. Beliau diberi gelar Abu Hanifah (suci, lurus) karena sesungguhnya sejak kecil beliau berakhlak mulia, dan menjauhi perbuatan dosa dan keji. 

Abu Hanifah berasal dari keluarga berbangsa Persia (Kabul-Afganistan), ia dinamai An-Nu'man sebagai ungkapan rasa simpati kepada salah seorang raja Persia yang bernama Muhammad Nu'man ibn Marwan (Khalifah dari Bani Umayyah yang ke-5). Abu Hanifah termasuk salah seorang tabi'in, beliau bertemu dengan sahabat Anas bin Malik dan meriwayatkan hadits darinya.

Iman Abu Hanifah belajar ilmu fiqh dari Hammad bin Abu Sulaiman selama 18 tahun. Setelah gurunya wafat, maka penduduk Kufah menyerahkan persoalan fiqih dan maslah-masalah yang mereka hadapi kepada Abu Hanifah. Pada tahun 130H beliau pergi ke Mekah menetap untuk beberapa tahun, serta bertemu dengan murid Ibnu Abbas. Imam Abu Hanifah meninggal pada tahun 150H di Baghdad.

Bersambung,,,,,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar